Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

Bookmark and Share


Apa hubungannya musik dengan kesehatan? Belakangan ini musik bukan hanya sebagai pengiring belaka dalam film, iklan, sinetron, atau dalam keseharian kita dalam menjalani aktfitas.

Namun, sejalan dengan waktu musik mempunyai banyak manfaat bukan sekedar soundtrack dalam kehidupan saja atau hanya keluar masuk di playlist ipod/mp3 anda. Musik bisa juga dijadikan pengobatan atau music for healing yang mulai banyak digunakan khususnya untuk terapi.
Rumah sakit di luar negeri sudah mulai menggunakan musik untuk terapi kesehatan, hasilnya banyak penyakit dan gangguan psikis yang bisa di atasi. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian dari califonia state univeristy in fresno, penderita migraine mengalami penurunan sakit kepala setelah mengikuti terapi musik.
Cara memilih musik untuk pengobatan
Pilihlah musik yang sesuai bukan hanya yang kita sukai, biasanya kita memilih musik berdasarkan suasana hati misalnya, ketika sedang marah kita malah mendengarkan musik keras/garang, seharusnya pilih musik yang menenangkan jiwa.
Biasakan mendengar musik melalui pengeras suara, bukan perangkat hand phone(obat anak). Agar tubuh kita bisa merasakan alunan musik yang ada. Siapkan diri kita untuk mendengarkan musik, dengarkan musik secara keseluruhan dan usahakan se relax mungkin tanpa perlu direpotkan dengan hal lain.
Jadikan musik sebagai menu utama, bukan sampingan. Karena yang ada musik hanya dijadikan sebagai latarbelakang, cobalah untuk fokus ketika kita mendengarkan musik dan niscaya akan merasakan manfaatnya.
Respon adalah bagian terpenting dari mendengarkan musik. Melalui respon kita akan merasakan emosi dan sel otak bisa lebih baik. Jauhkan rasa terpaksa ketika ingin mendengarkan musik, jadikan juga musik sebagai cara kita untuk mendapatkan inspirasi dari rasa tenang dan nyaman. Jangan mendengarkan musik apabila aktivitas kita tidak berhubungan dengan musik.
Dengarkanlah musik secara aktif, perlahan dan pasti musik akan menyentuh bagian hati atau paru yang terdalam dan rasakan kebebasannya. Jangan lupa hubungankan jiwa dan raga kita karena secara tidak langsung musik juga bermanfaat untuk mengatasi sakit di tubuh. Tidak ada salahnya untuk dicobakan, selain musik itu menyenangkan juga sudah terbukti mampu menyembuhkan penyakit atau paling ngga mencegah penyakit itu datang.

Dukung kampanye
stop dreaming start action


http://www.inilah.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger