Mudik Euy

Bookmark and Share

Cara kerja
----------

- jalankan kendaraan dan pastikan bahwa signal tetap dapat tertangkap dengan baik.

- rencanakan cara penamaan waypoint (koordinat) yg akan anda simpan. Kebiasaan saya adalah menamakan pom bensin dengan akhiran 'f' (fuel) dan simpang jalan dengan 'c'. Di belakangnya nomer urut, jika multiple. Misalkan: bogorf (pom bensin sekitar bogor), ciamisc4 (simpang sekitar ciamis no 4). Hal ini memudahkan search karena nama lokasi di urut menurut alfabet di dalam unit gps(untuk itu sebaiknya anda membeli di toko gps).

- hal yg membantu adalah meletakkannya secara tegak lurus di dashboard sehingga bisa cepat men- save lokasi. Awas, cara ini cukup berbahaya / tidak dianjurkan. Use your own judgement, apakah anda mampu melakukannya atau butuh bantuan navigator.


Bernavigasi
-----------

- gps akan menyimpan track yg dilalui secara otomatis ke dalam unit gps.

- akurasi yg disimpan adalah sesuai dg yg di set, jika dalam 200 m maka tentunya resolusinya tidak sehalus 20 m, misalnya.

- gps akan mampu menunjukkan arah dan lokasi yg sedang dilalui, cocokkan dengan peta yg telah di print apakah jalur yg dilalui lebih kurang sesuai dg yg di peta, jika perlu beri catatan seperlunya.

- jika tersesat tidak perlu khawatir karena ada 'backtrack' yg akan memandu kita kembali ke jalur yg telah di lalui.

- ambil alat gps dan aktifkan 'activate backtrack'

- alat gps akan stop melakukan tracking, dan mengaktifkan track yg telah disimpan sebelumnya secara otomatis (track mundur)

- beberapa unit gps (seperti m330, gps v) mempunyai kemampuan mendisplay track tsb secara visual , sehingga kita akan mudah mengikutinya dalam bentuk jalanan.

- setelah ketemu track yg telah kita ketahui, maka aktifkan kembali alat gps (set 'deactivate backtrack') dan alat gps pun kembali melakukan tracking.

- activate dan deactivate backtrack ini adalah fitur yg cukup membantu, krn kalau tidak screen gps akan penuh dengan 'garis tersesat', mondar-mandir sehingga cluttered / membingungkan.


Kompas magnetic
---------------

- alat gps (biasanya di dapatkan di toko gps) mempunyai kompas elektronik di dalamnya, tetapi akan lebih praktis dan cepat jika kita menggunakan kompas magnetic / kompas kaca spion di dalam mobil.


- gunanya jika kita tersesat, dan kita dapat mengidentifikasinya harus ke arah mana kita menuju, maka kompas tsb akan cukup membantu kita ke arah yg dituju (macro help). Alat gps memberikan bantuan informasi track, menunjukkan apakah kita hanya berputar-2 di suatu tempat ataukah membuat garis yg relatif lurus ke tujuan tsb (micro help).

- selebihnya adalah fun dan enjoy dalam bernavigasi, karena jika tidak yang ada adalah frustasi dan ngomel melulu.... :-)


sekian dulu tips dalam bernavigasi.. Mudahan2 membantu dan jika ada yg salah mohon dikoreksi

http://taftdieselindonesia.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger