IT Terhebat

Bookmark and Share



Salah satu pertanyaan yang sering muncul dari mahasiswa saya, atau dari peserta presentasi yang saya berikan, adalah bagaimana caranya untuk menjadi pakar it atau pakar
desain grafis. Ini sebuah pertanyaan singkat yang jawabannya bisa panjang. Pertanyaan lain yang terkait dengan itu adalah “apa saja yang harus saya pelajari untuk menjadi pakar it (programming, networking, database, dan bidang lain yang seperti itu)?

Passion, belajar dan praktek
Hal pertama yang sangat penting menurut saya adalah passion, minat, kecintaan. Sama seperti bidang lain, penguasaan bidang it harus disertai dengan adanya keinginan yang menggebu-gebu. Mengapa anda ingin menekuni bidang ini?
Penguasaan bidang it tidak terjadi dalam waktu sekejap. Dia tidak bisa tercipta hanya dengan mengikuti sebuah seminar saja. Saya melihat banyak orang/siswa yang datang ke seminar dan kemudian berharap menjadi seorang jagoan. Ini sama seperti kita menonton pertandingan sepak bola dan kemudian pulang ke rumah berharap langsung menjadi jagoan sepak bola. Tidak bisa! Untuk menjadi pakar sungguhan dibutuhkan waktu tahunan, kecuali anda mau sekedar menjadi “pakar” (atau sering juga disebut selebriti di komunitas it)
Belajar dan praktek merupakan metoda yang saya lakukan. Belajar di sini termasuk membaca buku, majalah, dan sumber referensi lainnya (kalau sekarang adalah internet). Jika diperlukan, pelajari juga latar belakang teorinya. Praktek mencoba menerapkan apa yang anda baca untuk meningkatkan ketrampilan (skill) dan memperkaya “perpustakaan atau dengan mengikuti organisasi it” solusi anda.

Dukung kampanye
stop dreaming start action


http://mahasiswategalartikel.blogspot.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger