Pengertian Gelombang dan Unsur-unsurnya

Bookmark and Share
Gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat. Ciri dari setiap gelombang adalah gelombang merambatkan energi. Pada gelombang mekanik, hal ini diperlihatkan ketika energi yang dirambatkan melalui gelombang air mampu memindahkan gabus yang semula terapung tenang di atas permukaan air. Olengnya kapal dilaut yang sering kali disebabkan oleh ombak laut membuktikan adanya sejumlah energi yang dibawa oleh gelombang.

Panas matahari yang terasa di bumi kita juga disebabkan karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari merambatkan/meradiasikan energi panas ke bumi.

Contoh gelombang yang terjadi di laut
Sementara itu, pemindahan energi melalui gelombang elektromagnetik tanpa disadari manfaatnya sudah biasa dinikmati dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, seseorang dapat menikmati alunan musik dari stasiun radio yang jauh letaknya karena adanya gelombang radio yang mengangkut energi bunyi musik itu.

Berkat gelombang mikro, seseorang dapat memberi perintah kepada karyawanya dan mengendalikan perusahaanya hanya dari sebuah telepon genggamnya. Semua cara berkomunikasi ini dapat terlaksana berkat gelombang elektromagnetik, yang dapat mengangkut energi informasi ke berbagai tempat.

Perambatan dalam Medium
                                                                                                                                                             Gelombang yang dirambatkan sering kali membutuhkan medium perantara. Gelombang bunyi misalnya, tidak dapat kita dengar bila tidak ada medium perantara. Demikian pula tanpa adanya tali, tidak mungkin terjadi perambatan gelombang tali. Gelombang tali, gelombang bunyi (mencakup pula gelombang infrasonik dan ultrasonik), gelombang air, dan gelombang seismik, merupakan contoh dari gelombang mekanik suatu jenis gelombang yang memerlukan media  (dalam hal ini tali, molekul udara, dan air) untuk merambat sampai ke tujuanya.

Namun tidak semua gelombang membutuhkan perantara. Contohnya adalah gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, gelombang mikro, gelombang radar, cahaya tampak, laser, sinar-X, dan sinar gamma. Gelombang-gelombang ini adalah kelompok gelombang yang dapat merambat walaupun dalam udara hampa.

Gelombang elektromagnetik ini dipancarkan ke segala arah oleh medan listrik dan medan magnet berubah, sehingga perambatannya tidak lagi memerlukan media khusus, karena ia dapat melewati ruang hampa sekalipun.

Gelombang Transversal dan Longitudinal

Gelombang Transversal
Berdasarkan arah rambat terhadap arah getar, maka dikenal dua macam gelombang, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus arah getarnya, sedangkan pada gelombang longitudinal, arah rambat sama dengan arah getaranya. Gelombang radio, gelombang cahaya, gelombang tali, dan gelombang mikro adalah contoh gelombang transversal. Gelombang transversal juga merambat dalam dawai instrumen musik seperti gitar atau piano.

Gelombang Longitudinal

Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi yang merambat di udara. Beberapa gelombang bukan merupakan gelombang transversal maupun gelombang longitudinal, contohnya adalah gelombang air. Pada gelombang air, gerak partikel-partikel air tidak tegak lurus maupun paralel dengan arah rambatnya. Artinya, pada gelombang air terdapat komponen transversal maupun longitudinal karena partikel air di permukaan air bergerak dalam lintasan melingkar.

Demikian sobat farhan artikel tentang Pengertian Gelombang dan unsur-unsurnya, semoga bermanfaat, dan semoga bisa menambah wawasan kita semua khusunya dalam bidang ilmu pendidikan.

Source : Buku RPAL (JavaLitera)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar