Resep Kue Sarang Semut

Bookmark and Share
Aprilisa


Bahan :

- Margarin untuk olesan
- Ketas Roti
- Tepung terigu untuk taburan
- 250 g tepung terigu
- 1 sdm baking powder
- 1/2 sdm soda kue
- 450 g gula pasir
- 450 ml air panas
- 15 lembar daun jeruk, buang tulang daunya, iris halus.
- 75 g mentega/margarin 
- 200 ml susu kental manis
- 8 butir telur (@ 70 g), kocok lepas

Cara Membuat :

1. Olesi dasar loyang bulat diameter 22 cm dengan margarin, lalu alasi kertas roti. Olesi lagi dengan margarin, lalu taburi tepung terigu. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius.

2. Campur tepung terigu, baking powder dan soda kue, ayak, sisih-kan. taruh gula pasir dalam panci/wajan, panaska dengan api sedang hingga gu)la meleleh dan berwarna kekuningan menjadi karamel.

3. Tangi air panas sedikit demi sedikit ke dalam karamel sambil diaduk hingga tercampur rata. tambahkan jeruk iris, masak kembali hingga mendidih (kurang lebih 10 menit). angkat, saring dan buang ampasnya.

4. Kocok mentega/margarin hingga mengembang, tambahkan susu kental manis, kocok hingga lembut dan kental. Angkat mikser, masukkan tepung terigu dalam 2-3 tahapan selang-seling dengan telur. Aduk hingga tercampur rata  dan tidak menggumpal.

5. Tuang karamel ke dalam adonan, aduk hinggan tercampur rata. Diamkan adonan selama 15 menit. Tuang adonan ke dalam loyang sampai 1/4 penuh.

6. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga kue matang (kurang lebih 60 menit). Keluarkan loyang dari oven, biarkan sebentar supaya agak dingin. Lepaskan kue dari loyang, potong-potong, sajikan panas.

Selamat mencoba sobat farhan.

Sumber : Gaya Favorit Press

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger