Bordir Komputer Mulai Populer di Kalangan Penjahit

Bookmark and Share



Sebenarnya tehnik bordir itu memerlukan keterampilan khusus yaitu dalam proses persiapan s/d proses produksi, kita mengenal secara umum apa yang namanya bordir atau sulam yaitu proses pemindahan bentuk visual (gambar, huruf, atau ilustrasi lainnya) dari benang ke bahan dengan media mesin yg disebut embroidery machine. ada 2 jenis bordir bordir manual dan bordir komputer.

sebelum bordir komputer ditemukan dan masih belum banyak dipasaran, bordir manual sangat pupoler dikalangan masyarakat industri konveksi, semi garment dan lain lain..

proses bordir manual sangat sederhana dalam persiapannya, cukup dengan gambar yang sudah kita setting lalu print sesuai dengan sekala yg kita inginkan, kalau bisa kita print 2 lbr, yg 1 berwarna karena dengan diprint warna si tukang bordir mendapatkan acuan warna untuk proses bordir, dan yang satunya hitam putih untuk penjeplakan (trace) dari kertas ke bahan yang akan dibordir. kalau untuk produksi secara massal dan apabila yg dibordir itu merupakan logo yg rumit bordir manual kurang bisa diandalkan dan hasilnya tidak konstan (bisa tidak sama bentuk hasil nya ). Karena bordir manual sangat bergantung dengan kelihaian si tukang bordir (S.D.M) dalam saya menjalankan usaha konveksi biasanya pengerjaan bordir manual saya fokuskan untuk :

- jaket (apabila ada nama atau inisial berbeda)

- kaos bola (untuk nama dan nomor yang di bordir list atau disebut juga aplikasi)

- topi untuk nama masing-masing

- jumlah order yg sedikit. (karena tidak memenuhi quota untuk bordir komputer).Tahap persiapan dari bordir komputer memerlukan pembuatan gambar ulang dengan program khusus yg disebut dengan pembuatan film pancing. nama software tersebut adalah willcom tazima dengan versi yang berbeda beda,

pembuatan film selesai maka film akan dimasukan kedalam head mesin bordir komputer dan operator mesin akan menyesuaikan dan mengatur margin, warna benang, dan mengatur bidangan peletakan bahan yg akan di bordir. untuk hasilnya bordir komputer terbilang rapih dan memenuhi syarat produksi tetapi tergantung dari si operator mesin dan si pembuat film pancing, karena pengaturan rajutan, kepadatan tusukan (jumping, tatami, satin, dll)

mempengaruhi hasil,seorang operator juga harus bisa mengetahui bahan yg akan di bordirnya spt membordir bahan kaos, lacosta, diadora maka harus memakai kain keras yang bagus dan tebal supaya tidak kerut, mesin bordir komputer juga ada yg 1 kepala, 6 kepala, 12 kepala, 20 kepala yg dimaksud dgn kepala disini berarti dalam sekali naik bisa sekaligus sesuai dengan kapasitas jumlah kepala nya contohnya : mesin bordir dengan 12 kepala maka dalam sekali waktu penyelesaian bordir bisa 12 potongan bahan dengan gambar yg sama.

http://www.bordir-komputer.co.cc/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger