Simbol Desain sebagai Pembeda Fungsi

Bookmark and Share


SIMBOL dianggap banyak orang sebagai lambang kekuasaan. Dalam konsep hunian, simbol dapat menjadi icon penanda agar rumah mudah dikenali. Seperti pada fasad, dapat menjadi simbol forum desain unik atau warna yang menarik.

Lalu bagaimana dengan interior hunian. Bagaimana membuat simbol untuk suatu ruang? Atau pembeda antara kamar tidur utama dengan kamar anak?

Salah satu yang dapat dipakai sebagai pembeda adalah desain furnitur. Jika melihat foto pada artikel ini, kita semua tentu tertuju pada satu fokus yang sama. Ini adalah kamar tidur utama.
Bagaimana bisa? Desain ranjang menjadi kuncinya. Desain yang demikian cenderung banyak dipergunakan pada kamar tidur orang dewasa.
Memang ranjang ini sendiri didesain untuk orang dewasa. Terlihat pada bagian sandaran dibuat tinggi menjulang, mencapai 2 m. Ini jelas tidak standar. Sang desainer interior sengaja membuatnya sebagai simbol. Simbol akan dominasi kepala keluarga yang diwujudkan dalam bentuk kepala ranjang.

"Master Bedroom ditujukan kepada kepala keluarga. Jadi kami ingin tonjolkan status tersebut dengan mendesain kepala ranjang yang cukup dominan dan beda dengan yang sudah sering dipakai umum," ungkap Jane Auw.

Memang untuk membedakan fungsi kamar tidur utama dengan kamar lainnya tidak melulu dari desain ranjang, semuanya bisa di lihat di forum desain. Pembedaan fungsi lebih tepat dapat dilakukan dengan melihat keseluruhan tata ruangan. Namun pada ruang di foto ini, sepintas lalu pembeda itu cukup dilihat dari desain ranjangnya





http://www.kompas.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger