Perkembangan Bedah Kulit di Indonesia

Bookmark and Share

Bedah kulit dii Indonesia dimulai pada tahun 1978. Pada tahun itu, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuat keputusan bahwa pendidikan untuk menjadi spesialis penyakit kulit dan kelamin termasuk pendidikan bedah kulit. Keputusan tersebut tercantum dalam Katalog Pendidikan Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin. Pada waktu itu bedah kulit belum diajarkan secara luas dan mendalam dalam pendidikan spesialis.

Untuk meningkatkan pendidikan bedah kulit agar lebih intensif dibentuk Perkumpulan Bedah Kulit Indonesia, yang diizinkan pemerintah melakukan kegiatan di seluruh Indonesia. Perkumpulan Bedah Kulit Indonesia (PERBEKI) adalah organisasi profesi yang diakui pemerintah, terdaftar di Departemen Dalam Negeri menurut ketentuan Undang-undang No.8 tahun 1985, dan juga terdaftar di Departemen Kesehatan.

PERBEKI adalah anggota Council for National Dermatologica Societies, International Society for Dermatologic Surgery dan didukung oleh American Society for Dermatologic Surgery dan European Society for Dermatologic Surgery. Di samping itu PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin) membentuk KSBK (Kelompok studi bedah kulit) yang melakukan kegiatan pendidikan bedah kulit. Kedua wadah tersebut yaitu PERBEKI dan KSBK sebaiknya bekerjasama memajukan pendidikan bedah kulit di Indonesia.

Dalam rangka memajukan bedah kulit di Indonesia dan agar semua spesialis kulit menguasai pengetahuan dan ketrampilan bedah kulit maka bedah kulit dasar perlu ditetapkan sebagai mata pelajaran yang diwajibkan untuk para peserta program pendidikan spesialis kulit dan kelamin.

Bedah kulit misalnya operasi muka, maupun kulit tubuh lainnya. Ilmu bedah di Indonesia terus berkembang dan teknologi untuk membedah kulit terus ditingkatkan misalnya untuk operasi muka, maupun bagian kulit lain.

http://perdoski.org

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger